Sabtu, 12 Desember 2015

Cara Membaca Nilai Resistor



 MEMBACA NILAI RESISTOR
  Untuk mengetahui nilai dari resistor berbentuk tabung yang memiliki gelang warna pada badannya dilakukan dengan membaca warna-warna gelangnya. Nilai warna gelang pada resistor dapat dilihat pada tabel 2.1
.
Tabel 2.1 nilai warna gelang pada resistor




Nilai resistansi dibaca dari warna gelang yang pertama ke arah gelang toleransi. Warna gelang toleransi berada pada badan resistor yang paling ujung atau berjarak cukup lebar dengan gelang-gelang warna yang lainnya. Dengan demikian, pemakai dapat langsung mengenali mana gelang warna pertama dan mana gelang warna toleransi dari resistor. Berikut contoh dari pembacaan nilai resistor melalu gelang warna:
Gambar 2.2 membaca gelang 4 warna pada resistor

Pada gambar 2.2 resistor memiliki 4 warna gelang. Gelang pertama berwarna coklat yang bernilai 1, gelang kedua berwarna hitam yang bernilai 0, gelang ketiga berwarna hijau yang bernilai 5, dan gelang keempat berwarna perak. Nilai resistansi dari resistor tersebut adalah:

10 x 105 = 106 = 1.000.000 = 1MΩ toleransi 10%

10 diperoleh dari warna gelang pertama dan gelang kedua, sedangkan 105 diperoleh dari warna gelang ketiga. Toleransi resistor diperoleh dari warna gelang keempat.




 Gambar 2.3 membaca gelang 5 warna pada resistor


Pada gambar 2.3 resistor memiliki 5 warna gelang. Gelang pertama berwarna coklat yang bernilai 1, gelang kedua berwarna hitam yang bernilai 0, gelang ketiga berwarna hijau yang bernilai 5, gelang keempat berwarna hijau yang bernilai 5 dan gelang kelima berwarna perak. Nilai resistansi dari resistor tersebut adalah:

105 x 105 = 10.500.000 = 10,5 M = 10M5Ω toleransi 10%

105 diperoleh dari warna gelang pertama, gelang kedua, dan gelang ketiga sedangkan 105 diperoleh dari warna gelang keempat. Toleransi resistor diperoleh dari warna gelang kelima.

Dari kedua contoh pembacaan nilai resistor tersebut, tampak bahwa warna gelang yang terdekat dengan warna gelang toleransi adalah bayaknya nilai nol yang digunakan atau nilai pangkat dari 10. Sedangkan sisanya merupakan nilai konstanta dari resistor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar